8 Cara menambah berat badan anak balita di bawah 3 tahun


Moms mungkin pernah mengalami ketika anak sendiri yang berusia di bawah 3 tahun, memiliki badan yang kurus dan susah makan. Pada usia 3 tahunan anak biasanya sudah suka main, beraktivitas, sehingga seringkali kalau diberi makan susah sekali. Kalaupun mau, dia makannya sedikit, karena lebih fokus pada main.

Ketika kondisi anak susah makan dan berat badannya cenderung tetap bahkan menurun, moms tentunya akan merasa khawatir sang anak mengalami kekurangan gizi atau gizi buruk. Sebaiknya moms mulai mencari tahu dan membaca informasi kesehatan anak yang berkaitan dengan pertumbuhan anak.

Pada umumnya, pada anak yang sehat berat badan akan bertambah secara proporsional, apabila berat badan anak tidak bertambah-tambah dalam jangka waktu lama, kemungkinan ada beberapa penyebabnya. Bisa dari faktor makanan, indikasi adanya penyakit dan kekurangan vitamin.

Faktor makanan bisa menjadi penyebab berat badan anak tidak bertambah. Faktor makanan ini tidak hanya dilihat dari banyak atau sedikitnya porsi makanan, namun dilihat juga dari kandungan atau bahan makanan. Kandungan makanan yang dapat menambah berat badan yaitu makanan yang mengandung lemak dan protein.

Berikut 8 cara untuk menambah berat badan balita agar kelihatan berisi :

1. Konsumsi Makanan berkalori tinggi


Untuk menambah berat badan pada anak, makanan menjadi salah satu faktor yang diperhatikan. Berdasarkan angka secara umum balita di bawah 3 tahun membutuhkan 1000 kkal per hari. Agar balita bertambah berat badannya, jumlah kalori yang dikonsumsi harus ditambah. Sebagai gambaran untuk menambah berat badan anak sebesar 5 ons per minggu, balita harus menambah konsumsinya sebanyak 500 kkal dari konsumsi sebelumnya. 


2. Asupan karbohidrat ditambah


Salah satu jenis asupan yang dapat menambah jumlah kalori dalam tubuh yaitu karbohidrat. Karbohidrat berperan untuk tubuh karena mengandung 4 kkal/gram. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan camilan berkarbohidrat tinggi seperti granola, buah-buahan kering, kismis dan lainnya. Selain makanan tadi dapat juga dengan membuat sereal oatmeal

3. Asupan lemak ditambah


Untuk mendapatkan tambahan kalori bagi balita di bawah 3 tahun, sebaiknya asupan lemak ditambah. Penambahan asupan lemak dalam makanan yang dikonsumsi balita akan dapat menambah jumlah kalori sebanyak 45-120 kkal dengan 1 sendok makanan mentega, minyak zaitun, mayonnase atau kanola.

Cara yang sederhana untuk menambah asupan lemak yaitu dengan menambahkan mentega, krim keju atau keju leleh pada nasi atau sayuran yang dimasak. Apabila anda suka memasak masakan sendiri tambahkan saja asupan berkalori tinggi tersebut ke dalam masakan anda.

4. Pilih minuman berkalori


Seringkali ada anak balita yang kurang suka dengan makan atau kurang bernafsu makan. Cari solusi dengan memberikan minuman yang memiliki kalori tinggi. Banyak jenis minuman berkalori tinggi seperti jus buah segar, susu segar, yogurt dan lainnya. Selain kaya akan kalori, minuman di atas juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tu


5. Sajikan Porsi lebih besar


Apabila sudah terbiasa memberikan makan pada balita,tentunya bisa menghitung berapa porsi makan balita anda. Agar berat badan balita bertambah, coba untuk menambah porsi makan balita. Apabila sarapan biasa memakan roti sebanyak 1 lapis, coba buatkan 2 lapis saat sarapan, agar berat badan balita bertambah. Hal ini dilakukan terus menerus dan konsisten sampai berat badan balita mencapai ideal.

6. Jam Makan teratur


Sangat penting untuk tetap menerapkan jam makan pada balita. Waktu makan pada umumnya yaitu 3 kali dalam sehari, terdiri dari makan pagi, makan siang dan makan malam. Untuk balita tambahkan waktu makan selingan diantara yang waktu makan normal. Waktu makan balita merupakan sumber tenaga balita dalam beraktivitas sehari-hari sehingga jangan dilewatkan begitu saja.


7. Hidangkan makanan kaya akan lemak sehat


Makanan kaya lemak sehat diantaranya : selai kacang, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Anda dapat menambahkan makanan tersebut pada makanan sarapan seperti roti lapis, sereal. Selain untuk menambah asupan kalori, bagus juga untuk membantu pemulihan radang pada balita.

8. Konsumsi Extra Food HPAI


Extra Food merupakan multi vitamin yang diproduksi oleh HNI HPAI dengan kandungan terdiri dari bermacam-macam sayur, buah dan madu. Extra Food memiliki rasa yang pas di lidah balita, sehingga banyak disukai oleh balita dan tidak mempersulit ibu untuk memberikannya.


Extra food berbentuk sirup kental bisa disajikan dengan dicampur air ataupun bisa langsung dikonsumsi tergantung kesukaan anak. Selain untuk multi vitamin, dapat juga disinergikan dengan herbal HPAI lainnya sebagai obat penurun panas/demam, batuk dan lainnya.

Nah itulah moms 8 cara untuk menambah berat badan anak balita di bawah 3 tahun. Makanan yang disajikan moms untuk balita moms dapat dikreasikan sesuai keinginan ya moms. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara menambah berat badan anak balita di bawah 3 tahun"

Post a Comment