Coba 6 cara ini untuk menurunkan demam pada anak 2-5 tahun


Demam pada anak-anak sering membuat khawatir orang tua terutama para moms. Demam ditandai dengan suhu tubuh yang mencapai 37 derajat celcius atau lebih. Pada anak yang sehat, naiknya suhu tubuh (demam) sebagai tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Demam seperti ini tidak wajib untuk pergi ke dokter, namun apabila kondisi memburuk seperti suhu tubuh yang terus naik dan timbul kejang, secepatnya harus dibawa ke dokter/rumah sakit terdekat.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh orang tua atau para moms sebagai pertolongan pertama untuk menurunkan demam pada anak khususnya anak berusia 2 Sampai 5 tahun.  Cara ini dapat dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan alat atau cara yang susah, cukup menggunakan perlengkapan yang ada di rumah dan berdoa kepada Allah agar diberikan kesembuhan.

Berikut 6 cara menurunkan demam anak usia 2-5 tahun yang bisa dilakukan para moms

1. Dikompres menggunakan air hangat


Sudah menjadi kebiasaan setiap kali seorang anak atau dewasa menderita demam, hal yang paling mudah dilakukan yaitu dengan mengkompres ubun-ubun menggunakan air hangat. Mengkompres ubun-ubun dengan air hangat dapat membantu menurunkan demam, namun pada sebagian anak, mengkompres dengan air hangat tidak ada pengaruh yang signifikan. Cara ini seringkali membuat anak merasa tidak nyaman, sehingga kurang efektif hasilnya. Meskipun begitu, menurunkan demam dengan cara dikompres masih dapat anda gunakan.  

2. Mengeluarkan panas tubuh anak


Memakaikan anak dengan pakaian yang menutupi tubuhnya namun tipis, hindari memakaikan dengan pakaian yang tebal karena dapat menghambat keluarnya panas tubuh. Kondisikan kamar anak senyaman mungkin, tidak terlalu gerah dan tidak terlalu dingin, sehingga anak dapat beristirahat secara maksimal.

3. Mandi atau dilap air hangat


Upaya lainnya yaitu dengan memandikan anak dengan air hangat atau bisa juga dilap dengan air hangat saja. Mandi air hangat dengan suhu 29-32 derajat celcius, membantu untuk menurunkan suhu tubuh anak sekitar 1-2 derajat celcius. Hindari penggunaan air dingin karena akan membuat tubuh anak menggigil dan cenderung membuat suhu tubuh anak naik.  

4. Banyak minum air


Banyak minum air maksudnya frekwensi minum air lebih sering namun meminumnya tidak dilakukan satu kali minum, lebih baik dilakukan berkali-kali dengan jeda waktu tertentu. Hal yang dikhawatirkan saat anak panas demam yaitu kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan banyak minum cairan dalam tubuh akan tetap terjaga. Minuman yang dapat diminum yaitu air putih dan air minum lainnya.

5. Banyak makan


Saat anak diserang demam, tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh. Biasanya anak terserang demam akan menurunkan nafsu makannya, sehingga agak sulit makan. Izinkan anak untuk makan makanan yang disenanginya sepanjang makanan itu sehat, bersih dan higienis sehingga nafsu makan anak tetap terjaga.

6. Minyak Herba Sinergi (MHS) dan Extra Food


Minyak Herba Sinergi (MHS) dan Extra Food merupakan produk herbal yang diproduksi oleh HNI HPAI. Minyak MHS merupakan minyak oles atau obat luar dengan bahan-bahan alami sehingga aman digunakan. Khasiat MHS HPAI diantaranya untuk menurunkan panas atau demam. Untuk mengatasi demam pada anak, minyak MHS dioleskan pada bagian tubuh anak seperti perut, punggung, tangan dan kaki. Agar lebih efektif dapat juga dicampur dan dioles dengan irisan bawang merah.


Untuk mengobati demam dari dalam tubuh, dapat mengkonsumsi Extra Food. Extra food merupakan perpaduan madu alami, buah-buahan dan sayuran. Khasiat Extra Food HPAI yaitu untuk menambah nafsu makan anak serta dapat digunakan juga untuk pengobatan menurunkan demam, dikombinasikan dengan MHS. MHS untuk obat luar dan Extra food untuk pengobatan di dalam tubuh.


Demikian 6 cara menurunkan demam pada anak di rumah sendiri, sebelum anak dibawa ke dokter atau rumah sakit. Apabila diduga demam karena adanya infeksi virus, bakteri dan lainnya, yang membutuhkan penanganan medis, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Semoga bermanfaat.                   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Coba 6 cara ini untuk menurunkan demam pada anak 2-5 tahun"

Post a Comment