5 Film Serial Kartun Animasi Yang Mendidik Untuk Anak-anak

Anak-anak yang hidup pada zaman sekarang atau zaman milenial sudah tidak asing lagi dengan berbagai media dan gadget. Media televisi dan gadget berupa smartphone setidaknya dua hal yang sudah akrab dalam keseharian anak-anak. Media televisi memang sudah menjadi teman bagi segala umur terutama pada saat santai dan tidak ada aktivitas atau pekerjaan. Media televisi sebagai alat memang memiliki pengaruh positif dan negatif. Positif apabila berdampak baik terhadap penggunanya, dan berdampak negatif apabila berdampak negatif terhadap penggunanya. Anak-anak sebagai salah satu kalangan pengguna televisi juga dapat terpengaruh oleh hadirnya media televisi. Dampak negatif media televisi terjadi apabila anak-anak dan orang tua atau orang di sekitarnya tidak bisa mengendalikan dan memilih tontonan yang baik bagi anak-anak. Biasanya ini terjadi akibat orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga membiarkan anak-anaknya menonton televisi tanpa diberikan panduan atau pengawasan mana yang baik dan mana yang tidak. Meskipun semua tayangan di televisi lokal telah melalui sensor dari Lembaga Sensor Film, namun tetap untuk tayangan anak-anak harus didampingi dengan orang tua.

Anak-anak memang membutuhkan waktu untuk bersantai dengan cara menonton televisi. Setelah melaksanakan kegiatan belajar di sekolah dan juga di rumah yang melelahkan, salah satu melepas lelahnya yaitu dengan menonton televisi. Peran orang tua disini yaitu dengan memilihkan tayangan film serial kartun animasi yang mendidik untuk anak-anak. Mengapa film kartun ? karena anak-anak umumnya senang dengan film kartun. Dari beberapa serial kartun yang ditayangkan di televisi, momraisa coba pilihkan 5 film kartun yang dinilai baik dan mengandung nilai edukasi bagi anak-anak. Penilaian ini dari keseharian anak-anak momraisa yang suka menonton 5 film kartun ini. Mungkin penilaian ini berbeda dengan mom lainnya, itu kembali pada indikator penilaian yang diterapkan. Berikut 5 film serial kartun animasi yang mendidik untuk anak-anak.

Serial Kartun Omar dan Hana
Anak-anak momraisa memang banyaknya menonton film kartun dari stasiun televisi RTV.Salah satunya yaitu serial Omar dan Hana. Omar dan Hana baru ditayangkan di RTV saat menyambut bulan Puasa 1439 atau tahun 2018. Isi dari serial Omar dan Hana yaitu menginformasikan pengetahuan agama Islam dengan kemasan bermain dan menyanyi lagu-lagu Islami. Pengetahuan agama yang disampaikan begitu mudah diterima dan dicerna oleh anak-anak, lirik dan irama lagunya juga mudah diingat oleh anak-anak. Beberapa lagu yang dibawakan diantaranya : Main sama-sama, Alhamdulillah, Sayang Ibu Bapa, Bismillah, Alif Ba Ta, Sayang Allah dan Nabi dan lainnya. Dan juga seringkali diselipkan hadits yang memperkuat temanya.


Serial kartun berbahasa Malaysia ini mengajarkan pengetahuan agama secara menyenangkan. Momraisa perhatikan anak-anak begitu cepat menghapal lagu-lagunya dan ilmu yang disampaikan juga mudah dipahami oleh mereka. Serial kartun yang diproduksi oleh Astro Malaysia ini cocok untuk anak-anak berumur 1 hingga 6 tahun.
Karakter yang terdapat dalam serial kartun Omar dan Hana yaitu :

Omar :
Anak laki-laki berumur 6 tahun. Karakternya yaitu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bijak dan berkeyakinan kuat.

Hana :
Anak perempuan berumur 4 tahun berkarakter aktif, periang dan berani.

Ustad :
Orang dewasa yang memiliki wawasan agama yang luas dan bijak.

Secara umum, serial kartun Omar Hana ini menurut momraisa sangat layak untuk ditonton keluarga khususnya anak-anak berumur 1-6 tahun.

Serial Kartun Tayo The Little Bus

Tayo the Little Bus merupakan serial kartun yang diproduksi oleh Iconix Entertainment Korea Selatan. Tayo the Little Bus dengan tokoh utamanya Tayo yang berwujud sebuah Bis kota kecil. Pengalamannya yang menarik bersama dengan teman-temannya dalam menjalankan aktivitasnya sebagai bis umum, menjadi cerita menarik serial kartun ini. Karakter lainnya selain Tayo yaitu Rogi, Lani dan Gani yang sama-sama berupa bis kecil. Hal menarik dari serial kartun Tayo yaitu mengajarkan mengenai etika dan sikap dalam berlalu lintas, menjalin persahabatan, menyelesaikan masalah, saling tolong menolong, rasa setia kawan dan nilai positif lainnya.
Semua itu secara baik dikemas dalam kemasan film kartun, penyampaian informatif yang dengan mudah ditangkap dan dicerna anak-anak.




Beberapa karakter pada film Tayo The Little Bus yaitu :

Hana : Seorang perempuan dewasa berprofesi montir, baik hati dan bijaksana
Citu (Cito) : Berwujud bus besar, pembina dari bus-bus kecil.
Rookie : Berwujud mobil polisi, selalu bekerja menegakan aturan di jalan raya
Air : Berwujud helikopter
Toni : Berwujud Truk Kecil yang sangat patuh dan disiplin pada aturan lalu lintas
Frank : Berwujud mobil kebakaran, selalu siap membantu apabila terjadi kebakaran
Alice : Berwujud mobil ambulance yang baik hati

Dan peran-peran lainnya baik yang berwujud mobil ataupun yang berwujud manusia
Secara umum serial kartun Tayo the Litte Bus baik untuk ditonton anak-anak.Meskipun begitu tetaplah awasi buah hati anda dalam menonton Tayo The Little Boss dan berikan arahan yang baik.

Serial Kartun Cloud Bread

Serial Kartun yang anak-anak suka diantaranya Cloud Bread. Hampir rutin mereka menonton kartun ini. Awalnya ingin mendampingi dalam memilih tontonan buat anak, malah suka sekali sama serial Cloud Bread ini. Kartun ini berasal dari Korea, untuk penayangan di Indonesia suaranya disulihkan atau didubbing ke dalam bahasa Indonesia. Keunikan dari kartun Cloud Bread yaitu bentuk gambarnya yang simple, minimalis dan berbeda dengan kartun lainnya, Kemudian suara dubbingnya yang lucu kalau didengarkan, seperti mendengarkan logat sunda. Dan paling penting yaitu nilai-nilai yang disampaikan positif untuk anak-anak.



Bercerita kehidupan sebuah keluarga kucing yang terdiri dari ayah, ibu, dan kedua anaknya Hong Shi dan Hong Bi. Setiap hari kakak beradik ini selalu membawa bekal roti yang disebut Roti Awan (Cloud Bread). Roti awan ini bisa membuat gerak mereka lebih cepat dan ringan sehingga mereka dapat terbang dan melakukan apa saja di angkasa. Setiap permasalahan yang membutuhkan kemampuan terbang mereka memakan roti awan. Namun tidak semua permasalahan muncul diselesaikan dengan makan roti awan, ada juga beberapa masalah diselesaikan secara positif dengan cara anak-anak yang berpikir praktis dan positif. Banyak nilai etika dan sikap positif yang ditunjukan oleh serial kartun ini. Serial kartun Cloud Bread dapat ditonton di stasiun TV RTV melalui parabola atau antena UHF serta bisa ditonton juga di Youtube.

Serial Kartun Robocar Poli      

Robocar Poli juga rutin ditonton oleh anak-anak saya. Film kartun Robocar Poli berasal dari Korea Selatan ang diproduksi oleh RoiVisual. Penayangan di Indonesia suaranya didubbing/disulih ke dalam Bahasa Indonesia. Beberapa kali momraisa menonton serial kartun Robocar Poli, dan secara umum konten atau muatan yang diinformasikan oleh serial kartun Robocar Poli ini memang positif dan mendidik. Beberapa episode menyampaikan etika dan bersikap di jalan raya, hal-hal yang tidak boleh dilakukan di jalan raya, saling tolong menolong, selalu menolong apabila ada yang membutuhkan. Peran dominan ada pada karakter Poli yaitu mobil polisi yang dapat berubah menjadi robot. Karakter yang menonjolnya yaitu pantang menyerah, kuat, dan selalu siap saat diminta pertolongan.


Selain Poli karakter lainnya atau nama-nama mobil Robocar Poli lainnya yaitu :
  1. Jin yaitu seorang perempuan berambut pirang, anggota dari Tim Penyelamat yang pintar dan jenius.
  2. Helly yaitu helikopter-robot berwarna hijau-putih-biru. Dengan berbentuk helikopter Helly bisa mengawasi kondisi kota dari atas langit. Helly juga dapat berubah menjadi sebuah Robot.
  3. Amber yaitu sebuah mobil-robot Ambulance berwarna merah-pink-putih. Berkarakter baik, penyayang, dan siap berkorban dan menolong yang lain. Tugas utamanya yaitu memberi pertolongan untuk pengobatan.
  4. Roy yaitu sebuah mobil-robot pemadam kebakaran berwarna merah-kuning. Memiliki kelebihan dalam kekuatan dan bertanggung jawab penyelamatan kecelakaan, kebakaran dan penyelamatan lainnya. Roy didukung oleh berbagai peralatan lengkap yang selalu di bawanya.

Robocar Poli juga ditayangkan oleh RTV, dan memang secara umum banyak serial kartun yang bermuatan positif yang ditayangkan RTV. Salut dan apresiasi buat RTV !

Serial Kartun Rainbow Ruby

Kartun Rainbow Ruby, salah satu serial kartun yang suka ditonton anak-anak di rumah. Rainbow Ruby lebih cocok ditonton oleh anak perempuan karena umumnya dominan cocok dengan dunia anak perempuan. Rainbow Ruby diproduksi oleh 38C Animation Studio dan CJ E&M Corporation dari Korea Selatan. Inti dari Rainbow Ruby yaitu membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Pelangi. Rubi dapat masuk ke Desa Pelangi bersama dengan Choco, beruang kecilnya, dimana apabila kalung Choco berkedip, artinya Desa Pelangi membutuhkannya dan kemudian pergi ke Desa Pelangi untuk membantu teman-temannya di sana. Setiap episode akan dimunculkan satu masalah yang kemudian diselesaikan oleh Ruby beserta teman-temannya.



Nilai positif yang disampaikan dari serial kartun Rainbow Ruby yaitu sifat tolong menolong, saling bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, dan pantang menyerah.
Selain tokoh utama Ruby, seorang gadis kecil yang dapat berubah ke berbagai pekerjaan dan profesi untuk menolong teman mainannya.

Beberapa karakter lainnya dalam serial kartun Rainbow Ruby :
a. Choco yaitu beruang kecilnya Ruby
b. Gina yaitu sebuah boneka terbuat dari kayu
c. Ling Ling yaitu pemimpin Desa Pelangi
d. Jessy sebuah boneka berambut merah bermata coklat
e. Putri Kiki sebuah boneka putri terbuat dari porcelen.
f. Thunderbell yaitu seekor kelinci yang suka main skuter

Serial Kartun Rainbow Ruby juga ditayangkan di RTV, dapat juga ditonton di Youtube dan kanal video lainnya.

Akhirnya, momraisa dapat menuliskan 5 film serial kartun Animasi yang mendidik untuk anak-anak. Pilihan serial kartun ini mungkin tidak sama dengan pilihan mom lainnya, tergantung dari indikator penilaiannya. Apa yang ditulis disini merupakan pendapat pribadi, tidak terikat untuk diikuti, jadi silahkan para mom memilih juga serial kartun yang biasa ditonton anak-anaknya.
Demikian review singkat 5 film serial kartun Animasi yang mendidik untuk anak-anak. Semoga bermanfaat. Terus berbagi dan berbagi.    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel