9 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kepala Secara Tuntas

Momraisa-Cara Menghilangkan Ketombe secara alami. Munculnya ketombe di kulit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan sekitar rambut yang sering dialami oleh masyarakat. Ketombe umumnya ditemukan pada sebagian besar orang dewasa terutama dan paling banyak dialami oleh kaum laki-laki.

Meskipun bukan suatu penyakit yang parah namun banyaknya ketombe di kulit kepala menjadikan orang menjadi tidak nyaman, terasa gatal di kepala, menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu aktivitas kerja. Sebelum ingin tahu cara mengatasi ketombe secara tuntas, sebaiknya ketahui dahulu beberapa penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala.

Munculnya ketombe di kulit kepala bisa diakibatkan dari berlebihnya produksi minyak pada kulit kepala, tekanan stres, perubahan hormon, infeksi jamur, sensitif terhadap kandungan shampo tertentu dan lainnya.

9 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kepala Secara Tuntas

Apabila anda merasa ketombe pada kulit kepala sudah banyak dan merasa terganggu pastinya ingin tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe secara tuntas pada kulit kepala. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memeriksakan diri ke dokter, atau kalau anda tidak terbiasa pergi ke dokter, bisa melakukan cara lain dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Berikut beberapa cara alami menghilangkan ketombe pada kulit kepala secara tuntas yang bisa anda lakukan di rumah.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun seringkali digunakan untuk kecantikan wanita. Jenis minyak zaitun yang digunakan untuk mengatasi ketombe yaitu olive oil. Caranya sederhana cukup dengan mengoleskan zaitun ke area dimana adanya ketombe, dipijat selama 30 menit dan diamkan selama 30 menit sampai 1 jam, dan kemudian bilas dengan bersih.

Produk minyak zaitun untuk mengatasi ketombe di kulit kepala yaitu Sinai Olive Oil Zaitun produk dari HNI. Dengan harga sekitar 35 ribu per botolnya. Dapatkan harga lebih murah dan harga diskon apabila menjadi agen.

2. Shampo Anti Ketombe

Menggunakan shampo anti ketombe yang banyak beredar di pasaran saat ini mungkin pernah anda lakukan. apakah betul-betul efektif? Kalau merasa belum efektif anda bisa mencoba shampo anti ketombe lainnya yang memiliki kandungan yang berbeda dengan lainnya.

shampo yang bisa anda coba yaitu shampo propolis HNI yang mengandung ekstrak propolis dan kaya akan kandungan antioksidan, anti bakteri, dan bio-flavanoid untuk perlindungan dari ketombe dan melindungi dari kerusakan kulit kepala.

3. Minyak Kelapa


Keringnya Kulit kepala dapat menjadi sumber masalah adanya ketombe. Penggunaan Minyak kelapa dapat meringankan keluhan akan ketombe dan menghilangkan ketombe secara alami.

Minyak kelapa bisa mengatasi eksim sebagai pemicu timbulnya ketombe pada kulit kepala. Di dalam kandungan minyak kelapa terkandung sifat antimikroba untuk mengusir jamur penyebab infeksi.

Adapun Cara mengatasi ketombe menggunakan minyak kelapa dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Ambil minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan.
  • Kemudian minyak kelapa diOleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Kemudian diamkan saja selama satu jam.

Selanjutnya dibilas dengan shampo sampai bersih. Jangan sisakan minyak karena dapat menyebabkan pori-pori kulit kepala tersumbat

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, karena mempunyai kandungan antiradang serta anti jamur yang dapat mengatasi peradangan pada kulit kepala penyebab timbulnya ketombe.

Untuk mengatasi ketombe secara efektif, lakukan cara berikut ini :

  • Gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang sudah dihaluskan ke kulit kepala dioleskan pada kulit kepala
  • Gel Lidah buaya tadi didiamkan sekitar satu jam.
  • Selanjutnya dibersihkan atau dibilas sampai bersih.
  • Agar hasilnya optimal kerjakan terus menerus selama beberapa minggu.

5. Cuka Apel

Salah satu solusi mengatasi ketombe yaitu cuka apel. Cuka Apel yang memiliki sifat asam memiliki khasiat untuk membantuTernyata cuka apel bisa pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Manfaat lain dari cuka apel yaitu menyeimbangkan ph kulit rambut yan bermanfaat dalam mengurangi populasi jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Meskipun begitu secara ilmiah memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan cuka apel efektif menghilangkan ketombe. Namun apabila ingin mencoba,tidak ada salahnya dengan cara mencampurkan beberapa tetes cuka apel pada shampo atau minyak esensial lainnya.

6. Soda Kue/Baking Soda

Soda Kue atau baking soda yang dikenal sebagai pengembang kue ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Baking soda atau Soda kue merupakan zat eksfolian yang dapat mengangkat minyak serta sel-sel kulit mati pada kulit kepala.

Dalam baking soda terkandung zat anti jamur yang dapat mengatasi jamur sebagai penyebab timbulnya ketombe.

Meskipun begitu, perlu diperhatikan untuk jumlah penggunaan dan frekwensinya jangan terlalu banyak dan sering karena akan membuat kulit kepala kering serta iritasi karena hilangnya minyak alami pada permukaan kulit kepala.

Cara aman untuk menggunakan baking soda dalam mengatasi ketombe yaitu :  

  • Basahi rambut terlebih dahulu.
  • Balurkan 2-3 sendok makan soda kue pada kulit kepala
  • Kemudian biarkan sekitar 2 menit.
  • Cuci bersih kulit kepala.

Praktekan seminggu 2 kali saja untuk menghindari iritasi di kulit kepala.

7. Garam

Garam selama ini dikenal untuk bumbu dapur namun manfaat lainnya tenyata juga berkhasiat untuk menghilangkan ketombe. Sebagian pihak meyakini garam dapat mengeksfoliasi membersihkan timbunan sel kulit mati pada kepala.    

Khasiat Garam diyakini mampu mengurangi perkembangan jamur pada kulit kepala serta menyerap minyak yang berlebihan pada kulit kepala sebagai penyebab munculnya ketombe.

Kemudian bagaimana cara memanfaatkan garam untuk menghilangkan ketombe? Berikut tips garam sebagai penghilang ketombe:

  • Rambut dibasahi dulu dengan air.
    Pertama Taburkan garam di kulit kepala kemudian pijat-pijat pada kulit kepala sampai ketombenya rontok semua.
  • Setelah selesai, bersihkan rambut dengan membilasnya menggunakan shampo hingga bersih.
  • Kita dapat juga mencampurkan garam menggunakan bahan-bahan alami lainnya agar lebih efektiv. Contohnya garam dengan lidah buaya atau garam dengan minyak kelapa.
  • Campurkan garam dan bahan lainnya sampai menjadi scrub kental kemudian kerjakan seperti cara di atas.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis termasuk buah golongan citrus yang memiliki cita rasa asam dan diyakini dapat menghilangkan ketombe yang membandel.

Secara ilmiah juga telah ada penelitian yang menjelaskan bahwa ekstrak jeruk nipis ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Bagian dari jeruk nipis yang dimanfaatkan yaitu Air perasan buah, kulit buah dan daun jeruk nipis, berkhasiat untuk mencegah perkembangan jamur yang menyebabkan ketombe karena adanya kandungan Malassezia furfur.

Bagaimana membuat ramuan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe bisa dilakukan dengan cara-cara berikut :

  • Jeruk nipis dicampurkan dengan cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun atau garam menggunakan perbandingan 1:2. Misal, 1 sendok makan perasan jeruk nipis serta 2 sendok makan cuka apel.
  • Usapkan pada permukaan kulit kepala.
  • Biarkan sekitar 1,5 jam.
  • Kemudian, bersihkan rambut sampai bersih dengan shampo.

9. Mengendalikan Stres

Apabila terkena stres bisa membuat sistem imun pada tubuh melemah sehingga berpengaruh pada kondisi kesehatan badan, mengakibatkan kulit kering dan parahnya akan berpotensi mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan mikroba penyebab munculnya ketombe.

Apabila anda memiliki keadaan dermatitis atopik, wajib untuk anda dalam mengendalikan serta mengendalikan stres yang berlebihan.      

Demikian 9 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kepala Secara Tuntas, semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel